(Update 2020) Cara Mengatasi Black Screen, Layar Kedap Kedip, Lag, Pada PPSSPP: TUTORIAL


Bagi orang yang baru mencoba memainkan game-game menggunakan PPSSPP mungkin akan sering mengalami black screen atau layar kedap kedip, atau lag saat memainkan game, dan tidak tau bagaimana cara mengatasinya.
(Isi dari tutorial ini telah di UPDATE Pada Januari 2020).

Oleh karena itu saya akan memberikan sebuah tutorial cara mengatasi black screen, layar kedap kedip dan mengurangi lag. Tapi sebelum itu jika kamu belum mengetahui seperti apa itu black screen dan lag itu seperti apa, silakan baca penjelasan sederhana saya di bawah ini.

Seperti apa black screen?? 
Jika kamu memainkan game pada PPSSPP dan saat awal kamu mainkan yang muncul cuma layar hitam, tidak ada tampilan menu seperti pada game-game umumnya, tapi kamu masih mendengar suaranya dan masih bisa menekan tombol-tombolnya seperti start, segi3, kotak, X. Nah itu dia yang sebut black screen / layar hitam.

Seperti apa layar kedap kedip? 
Saat memainkan game namun layar pada ppsspp mati hidup/kedap kedip ada gambar lalu cuma layar hitam lalu ada gambar lagi dan terjadinya berkali-kali dan secara cepat.

Seperti apa itu lag? 
Untuk mengetahui yang satu ini cukup mudah, jika saat kamu memainkan game lalu gerakannya patah-patah atau slow motion, itu yang di sebut lag.

Jika kamu sudah mengetahui seperti apa itu black screen, layar kedap kedip dan lag maka langsung saja saya memberikan tutorial cara mengatasinya.
PEMBERITAHUAN: untuk lag saya cuma akan memberikan cara untuk menguranginya saja di karenakan ada beberapa game ppsspp yang tidak bisa di atasi lagnya, dan juga tergantung dari kemampuan HP/Komputer kamu. 

Cara Mengatasi Black screen dan layar kedap kedip. 
(Informasi Tutorial pada Artikel ini telah di perbahrui isinya pada juni 2019 dan di sesuaikan dengan ppsspp terbaru).
Black screen pada ppsspp adalah masalah yang paling sering terjadi, dan untuk tutorial pertama tama silakan kamu buka aplikasi PPSSPP kemudian masuk menu Pengaturan ->> Tampilan, disini kamu akan lihat pengaturan mode lalu ubah modenya ke "buffered rendering" atau "non buffered" karena pengaturan ini yang buat paling sering terjadinya layar hitam saat kamu memainkan game. Jika saat kamu main game dan layarnya hitam silakan ubah modenya dari "buffered rendering" ke "non buffered" atau sebaliknya, cara ini adalah yang paling efektif untuk mengatasi layar hitam.

Cara mengatasi layar kedap kedip.
Ini sebenarnya masalah yang susah di atasi dan masalah ini lebih sering muncul jika kamu pilih mode "non buffered" dan frameskip 1 ke atas, untuk cara mengatasinya silakan atur framskip ke 0 atau ubah mode ke "buffered rendering", cara paling efektif menggunakan cara ini namun speed game akan turun.  Nanti akan saya update lagi jika menemukan yang lebih efektif.

Cara mengurangi lag PPSSPP. 
Nah yang ini saya akan bahas sedikit cara mengurangi lag pada ppsspp, saya tidak menjamin kalau cara yang saya bagikan ini 100% membuat game yang kamu mainkan jadi lancar, karena ada beberapa game yang sangat lag walaupun di ubah settingannya.

Pertama kamu masuk menu pengaturan tampilan lalu cari "tampilkan penghitung fps" lalu ubah dari "tidak" jadi "keduanya", fungsinya untuk melihat speed dan fps saat kamu memainkan game, minimal agar lancar fps 15 atau lebih speed 95%-100%.

Untuk mengurangi lag silakan coba settingan tampilan ini. MODE pilih non buffered, fungsinya setahu saya saat mode non buffered maka resolusi gamenya akan di sesuaikan dengan resolusi HP / Komputer kamu. Frame skip pilih 0 atau 1 atau 2, fungsi untuk meningkatkan speed tapi fps turun. Auto frameskip di centang. Rendering resolusion pilih 2x untuk HP untuk Komputer pilih 3x 4x atau 5x. Untuk bagian lainnya silakan di biarkan saja, tapi jika kamu ingin mengubahnya silakan saja, tidak perlu takut karena tidak akan terjadi apa-apa.

Pengaturan sistem. Perhatikan gambar di bawah ini, untuk bagian memori cepat silakan di centang, untuk multi-thread dan I/O pada thread silakan di centang juga. Ganti clock cpu, saya kurang tahu fungsinya untuk apa tapi dari beberapa orang yang saya tanya katanya akan membuat game jadi lebih lancar jika di ubah jadi 40-60. Untuk settingan lainnya di biarkan saja.

BONUS Cara mengatasi FC saat bermain game menggunakan PPSSPP. 
Apa itu FC? Contoh FC / Force Close, jika kamu pakai smartphone android kamu pasti sudah pernah mengalaminya, pada saat memainkan game atau menggunakan aplikasi. Contohnya saat kamu lagi bermain game modern combat 4 dan saat lagi seru-serunya tiba-tiba gamenya tertutup dan kemabali ke HOME dan muncul pemberitahuan (saya lupa pemberitahuannya seperti apa) terkadang juga tidak ada pemberitahuan. Kurang lebih seperti itulah FC / Force Close.

Pada PPSSPP pun sering terjadi, tapi tenang ada cara mengatasinya. Caranya masuk menu pengaturan ->> sistem, perhatikan "multi thread" dan "I/O pada thread" untuk cara mengatasi FC kamu hanya perlu tidak mencentang pengaturan ini, walapun pengaturan ini membuat sedikit lebih lancar PPSSPP. Jika masih mengalami FC jangan centang "memori cepat" tapi resikonya game yang kamu mainkan jadi sedikit lambat.

Itu dia Tutorialnya semoga bisa membantu kamu.

Posting Komentar

0 Komentar