Aplikasi tidak ada di Control Panel... ini Cara Uninstalnya (Tutorial)

Pada awalnya saya ingin uninstal salah satu game yang saya dapatkan dari teman karena sudah selesai dimainkan, namun saat saya membuka, Control Panel >> Progarms >> Programs and Features, dan game yang ingin di uninstal tidak ada, saya tidak melihat/menemukan pada daftar program, dan sempat bingun bagainama cara agar bisa menguninstal gamenya, tapi setelah itu saya coba mencari cara yang tidak perlu melalui Control Panel, dan akhirnya menemukan caranya.

Kenapa Aplikasi yang di Instal Tidak Ada pada Daftar Program di Control Panel?
Banyak yang bilang salah satu alasan kenapa Aplikasi ataupun Game yang di instal tidak ada pada daftar di Programs and Features, karena program yang di instal membuat nama kunci registry yang terlalu panjang. Dan bisa juga karena ada file yang hilang atau tidak lengkap.

Untuk kamu yang mungkin mengalami hal seperti ini juga, saya telah menulis tutorial untuk kalian, cara menguninstal aplikasi atau game yang tidak bisa di uninstal melalui Control Panel, karena tidak ada/tercantum di Control Panel.

Tutorial yang saya berikan ini sebenarnya bukanlah cara yang baru, dan juga sebenarnya terdapat banyak cara, tetapi menurut saya ini adalah cara yang termudah, yang siapapun bisa melakukannya.

Langkah-Langkah Cara Uninstal/Hapus Program yang Tidak Ada di Control Panel

1. Instal Revo Uninstaller.
Jika belum mempunyainya kamu bisa dapatkan melalui website resminya, dan menginstalnya pada PC kamu. Kenapa saya menggunakan Revo Uninstaller?, selain mudah digunakan, aplikasi yang satu ini juga bisa menguninstal program melalui shortcut yang ada di desktop, dan juga bisa lebih bersih saat menghapusnya.

2. Buka/Jalankan Revo Uninstaller.


Saat menjalakannya kamu akan melihat daftar program yang telah di instal, (sama seperti pada Control Panel >> Programs and Features), dan beberapa informasi seperti, Ukuran, Versi Aplikasi, Type, Tanggal Instal, dan lainnya.

3. Pilih Hunter Mode.


Sebenarnya bisa dengan menggunakan cara umumnya, memilih program yang ada pada daftar, lalu uninstal. Tapi karena kasus yang saya alami, dimana game yang telah di instal tidak ada di daftar, jadi saya menggunakan Hunter Mode, untuk membantu memilih secara manual game yang ingin di uninstal.

4. Arahkan Icon Hunter Mode ke Shortcut Program lalu Uninstal.

4.1 Tarik Hunter Mode Icon kearah shortcut atau Icon program, lalu pilih uninstall.


4.2 Setelah itu akan muncul pilihan seperti, Safe, Moderate dan Advanced, pilihlah salah satu, lalu Next, dan tunggu proses Scanning selesai.

Pilih
Built-in, untuk uninstal secara normal seperti biasa.
Safe, jika kamu rasa masih ada file penting yang masih digunakan.
Advanced, untuk menghapus semua file, agar lebih bersih.

4.3 Jika sudah selesai scan kamu akan melihat file-file yang berhubungan di berbagai folder yang ada di registry. Disini kamu tinggal hapus filenya dengan memilih Delete, lalu Next/Finish.


Catatan: Seperti biasa setiap tutorial yang saya berikan telah dicoba sebelumnya, dan hasilnya sukses tanpa masalah.

Posting Komentar

0 Komentar